Kamis, 20 April 2017

Pertanyaan Seputar Dunia Teknologi

Referensi : Jumanah

PERTANYAAN :
  1. Apa penyebab laptop tiba-tiba hang ataupun macet saat digunakan?
  2.  Apa penyebab laptop tiba-tiba mati ketika bermain games?
  3.  Mengapa laptop saat booting dan beroperasi bekerja dengan lambat?
  4.  Bagaimana agar motherboard tidak mengalami kerusakan?
  5.  Bagaimana cara memperbaiki baterai laptop yang tidak bisa mengisi atau rusak?
  6.  Apa penyebab laptop cepat panas?
  7.  Apa penyebab hardisk yang tidak terdeteksi pada BIOS laptop?
  8.  Apa yang terjadi jika baterai CMOS bocor?
  9.  Bagaimana cara membersihkan kipas laptop dengan benar?
  10.  Bagaimana memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi?
  11.  Mengapa windows sering mengupdate sendiri?
  12. Apa perbedaan CD ROM dengan CD RW?
  13.  Bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus?
  14.   Apa penyebab laptop bluescreen?
  15.  Bagaimana cara mengatasi speaker yang gember?
  16.   Berapa maksimum menambah kapasitas RAM?
  17.  Apa penyebab laptop restart sendiri?
  18.   Bagaimana cara mengatasi kursor yang macet atau error?
  19.  Cara mengatasi kipas laptop yang bising?
  20.  Apakah ada pengaruh jika laptop dicarge terlalu lama?


JAWABAN :
  1. Kemungkinan besar ini adalah masalah panas processor. Hal ini terjadi karena modul pendingin tersumbat dengan debu dan laptop tidak bisa “bernafas” dengan benar.  Atau bisa juga karena anda terlalu banyak membuka program software.
  2. kemungkinan kerusakan adalah laptop overheat atau pendinginan pada processor tidak sempurna. Ketika anda menjalankan permainan, anda mendorong CPU untuk menghasilkan banyak panas.  Jika modul pendingin laptop ( kipas dan heat sink ) tersumbat dengan debu, laptop akan panas dan kemudian shutdown. Pastikan modul pendinginan atau heatsink bersih dari debu dan kotoran. bersihkan debu yang menempel pada fan atau heatsink menggunakan kuwas cat atau mesin kompresor. berikan thermal paste baru pada prosesor jika diperlukan.
  3. Kemungkinan penyebabnya: Memori rusak. Video card rusak. Motherboard rusak. Solusi perbaikan: Coba menghubungkan kembali modul memori.
  4. Caranya dengan merawat motherboard antara lain dengan : *Gunakanlah Uninterruptible Power Supply (UPS) dan stavolt sebagai pengaman tegangan listrik sehingga tidak terjadinya pengaruh terhadap kinerja mainboard apabila terjadi perubahan tegangan listrik secara tiba-tiba. *Perhatikan kebersihan bagian dalam CPU khususnya mainboard, apabila kotor lakukan pembersihan mainboard dengan menggunakan kompresor udara atau bisa juga dengan menggunakan kuas kurang lebih 3 bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan. *Ventilasi udara yang ada pada casing jangan ditutup sehingga memperlancar terjadinya pertukaran udara bebas kedalam ruang Central Processing Unit (CPU) agar menjaga temperatur di dalam ruang CPU. *Bersihkan slot-slot atau konetor yang menghubungkan mainboard dengan komponen lainnya dari debu sekali sebulan. Saat membersihkan agar selalu memperhatikan ada atau tidaknya baut-baut yang tertinggal di dalam mainboard, apabila ada segera angkat dari tempatnya untuk menghindari terjadinya hubungan pendek (korslet). *Jangan membiarkan komputer tidak digunakan/tidak dihidupkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Usahakan sekurang-kurangnya 3 kali digunakan/dihidupkan dalam seminggu.
  5. cara mengatasinya :Cabut adaptor laptop. Lalu Shutdown (matikan laptop). Cabut baterai laptop. Tancapkan adaptor Tanpa memasang baterai. Setelah itu hidupkan laptop. Selanjutnya klik kanan di my computer – manage- pilih device manager- battery- Klik kana uninstall Microsoft ACPI Compilant control method battery. Lalu shutdown lagi. Lalu cabut adaptor. Dan pasang lagi baterai. Kemudian tancapkan adaptor. Dan nyalakan kembali.
  6.  Laptop dengan desain yang lebih tipis dan minimalis, otomatis menyebabkan komponen yang ada di dalamnya menjadi sangat padat, sehingga sirkulasi udara didalamnya kurang begitu baik. maka dari itu laptop akan lebih cepat panas jika digunakan untuk bekerja secara berlebihan. Penggunaan secara terus menerus tanpa dimatikan dalam waktu yang lama, memang akan membuat laptop cepat overheat. Kemampuan laptop biasanya tak lebih dari 3 jam jika digunakan secara terus menerus, apalagi untuk pekerjaan berat seperti bermain game membuat laptop overheat.  Ada beberapa sumber yang membuat laptop cepat panas. Mereka adalah prosessor, hardisk, baterai, VGA, adaptor dan kipas.
  7. Harddisk tidak terhubung dengan benar. Harddisk tidak sinkron dengan laptop. Harddisk terdapat bad sector. Perbaikan: Pastikan harddisk terhubung dengan benar ke motherboard. Jika harddisk lama terdeteksi tapi yang baru tidak, ada kemungkinan bahwa harddisk baru anda rusak.
  8. Komputer tidak menyimpan tanggal, bulan dan tahun. Dan tentu saja, settingan akan berubah ke posisi ‘default’, akibatnya komputer akan selalu meminta untuk men-setup ulang dengan perintah-perintah seperti Press Del to Setup, atau Press F1 to Continue atau perintah-perintah lain semacamnya. Baterai Cmos menyebabkan komputer tidak bisa hidup! Atau bisa hidup sebentar lalu nge ‘hang’ kemudian tidak bisa dihidupkan kembali, lalu dibutuhkan waktu beberapa jam untuk bisa hidup kemudian mati kembali. Bahkan pada laptop, baterai Cmos sering bocor. Dan bocoran itu menetes pada Mainboard yang mengakibatkan konslet pada board laptop. Juga mengakibatkan komputer tidak hidup disimpan oleh baterai, sehingga komputer tetap tidak bisa hidup.
  9. Peralatan Yang Dibutuhkan untuk membersihkan kipas pendingin laptop adalah sebagai berikut : Obeng Ukruan Mini Yang Biasanya Dijual Dalam Satu Set. Kuas Pembersih #Seperangkat obeng yang memiliki variasi ukuran yang dapat dengan mudah anda temukan ditoko elektronik. #Kuas ukuran kecil yang nanti kita gunakan untuk membersihkan badan kipas, harganya  tidak sampai Rp.5000 dan dapat dengan mudah ditemukan ditoko bangunan sekitar anda.  #Wadah yang dapat berupa mangkuk kecil atau apa saja untuk menaruh scrup (baut) yang telah dilepaskan. Cara Membersihkan Kipas Laptop. Baut Yang Berada Dibawah Baterai. Lokasi Baut Casing Laptop. Yang harus dilakukan pertama kali adalah membuka baterai laptop, karena dibawah baterai biasanya terdapat scrup atau baut yang berukuran kecil yang seringkali saya tidak perhatikan. Buka satu persatu baut yang terpasang pada casing laptop dan letakkan pada tempat yang aman. Kumpulkan baut dalam tempat berbeda sesuai dengan ukurannya, ini untuk meminimalisir resiko kehilangan baut dan memudahkan kita dalam proses pemasangan kembali. Setelah semua baut dilepas, angkat casing laptop dengan perlahan dan jika agak sedikit ketat dan sulit terbuka, perhatikan lagi apakah masih ada baut yang terpasang seperti pada bagian yang ditutupi oleh segel. Jika masih agak ketat dan sulit dibuka, gunakan obeng minus ukuran mini untuk membuka celah pada casing dan lakukan dengan hati-hati.
  10. # Bersihkan Keyboard dari Debu. Untuk menyingkirkan debu secara efektif, hal paling dasar yang dapat kamu lakukan adalah dengan memiringkan laptop kamu pada sudut 75 derajat dan goyang-goyangkan laptop kamu untuk menyingkirkan debunya. Pastikan laptop kamu sudah dinonaktifkan, kamu bisa memiringkan hingga sudut 90 derajat jika diperlukan. #Restart laptop # Perbaiki Driver Keyboard. Klik Start menu dan pilih Control Panel. Dalam Control Panel, klik System and Security dan pilih Device manager. Dalam Device Manager, kamu akan menemukan driver untuk semua hardware yang ada di dalam laptop. Pilih Keyboard dan kamu akan menemukan pilihan menu driver di bawahnya.
  11. Windows update akan mengecek setiap saat ke server Microsoft ketika terhubung ke internet. Jika pada server Microsoft terdapat update untuk produk Microsoft-nya, maka pada PC Windows yang Windows Updatenya aktif akan otomatis mendownload file update untuk memperbarui software pada WIndows atau software microsoft lainnya secara otomatis yang biasanya berjalan ketika shutdown atau startup Windows. Jika kita merasa terganggu dengan seringnya Windows kita menginstal update, kita dapat menyetel Windows update untuk dijalankan sesuai kebutuhan dan tersedianya waktu kita. * Jangan mematikan PC secara paksa ketika updates sedang berjalan, karena dapat membuat file Windows yang sedang dalam proses update menjadi corrupt dan dapat menyebabkan Windows bermasalah.
  12. CD-ROM adalah drive yang hanya diperuntukkan membaca kepingan cd baik cd-rom, cd-audio,cd mp3, vcd, cd-picture, dsb.baik cd berukuran normal 12cm atau cd mini yang berukuran 8cm. CDRW adalah drive yang memiliki kemampuan membaca kepingan cd dan juga mampu menulis di kepingan cd blank, (burn). Dvd rom adalah drive yang bisa membaca kepingan cd dan juga mampu membaca kepingan dvd baik berupa dvd-rom, dvd movie, dvd audio,dsb. Tapi hanya bisa membaca saja hampir semua jenis cd dan dvd kecuali dvd ram, yang biasanya membutuhkan drive dvd-rw. Dvd RW merupakan drive terlengkap yang ada dipasaran sekarang selain mampu membaca semua jenis cd dan dvd dan juga mampu membaca dvd-ram dan juga mampu untuk menulis pada semua jenis kepingan, baik cd kosong, dvd kosong, dan juga dvd ram.
  13. CEK FOLDER RECYCLE BIN Cukup dengan klik kanan lalu pilih Restore, maka data akan kembali ke tempat awal file tersebut disimpan, dan Anda bisa menggunakan data tersebut. GUNAKAN FITUR RESTORE PREVIOUS VERSIONS Pastikan sudah mengaktifkan restore point pada komputer Anda. Berikut merupakan cara mengembalikan file yang terhapus dengan menggunakan Restore Previous Versions. Buka folder diaman data yang terhapus sebelumnya berada, Lalu klik kanan kemudian pilih “Restore Previous versions”. Setelah terbuka kemudian pilih tab “Previous versions”, kemudian pilih folder yang terakhir yang ingin anda restore. Lalu restore ke posisi terakhir sebelum data tersebut terhapus.
  14. cara mengatasinya dengan:  *Klik Start lalu pilih Run atau tekan tombol windows+R pada keyboard. *Ketikan services.msc kemudian OK. *Lalu pada settingan Services, disebelah kanan cari dan buka Windows Error Reporting Service. *Kemudian akan muncul kotak dialog Windows Error Reporting service Properties, pada Startup tipe rubah Automatic menjadi Disabled lalu klik Stop dan Ok.
  15. - Masuk ke Control Panel - Membersihkan kipas atau heatsink pada laptop - mengganti Thermal Paste CPU - Andalkan settingan laptop
  16. Kapasitas maksimal tambah ram atau upgrade ram. Setiap komputer atau laptop mengalami perbedaan maksimal batas upgrade ram atau tambah ram, kalo saya sendiri tau dari sang penjual kalo maksimal laptop saya bisa sampai 8 giga ram, gak boleh lebih karena bisa berbahaya pada hardware yang lain akibat tidak seimbang anda bisa cari di gugel untuk jawaban masalah komputer atau laptop. Maksimum menambah ram tergantung juga dengan sistem operasi yang mau atau sedang kita pakai, misalnya kita menggunakan sistem operasi windows xxx versi 32 bit maka maksimum upgrade ram hanya sampai 4 giga. loh kenapa demikian ? karena jika anda menambah kapasitas lebih dari 4 giga yang terbaca dan terpakai oleh sistem operasi 32 bit hanya 4 giga saja, itu alasanya. nah bagaimana jika saya ingin upgrade sampe 8 atau 16 giga ram? jawabanya anda harus menggunakan sistem operasi yang versi 64 bit, agar ram yang anda tambahkan lebih dari 4 giga bisa terbaca dan berfungsi semuanya untuk membantu menyokong grafik sistem operasi versi 64 bit yang berat.
  17. Processor yang overheat atau terlalu panas adalah salah satu penyebab utama laptop sering restart. Untuk mengecek tingkat overheat dari laptop kita dapat dilakukan dengan beberapa cara : Dapat melihat kondisi temperatur di menu Hardware Monitor pada program BIOS. Dapat juga menggunakan bantuan program monitoring temperatur seperti yang saya gunakan yaitu CPUID Hardware Monitor.
  18.  Cara mengatasinya antara lain yakni dengan Scanning Dengan Software Antivirus. Bersihkan Registry Sampah Dengan Software Tune Up. Jika blm berhasil cobalah langkah berikut. Gunakan mouse eksternal yang harus anda pasang terlebih dahulu dan koneksi internet. Kemudian masuk ke control panel > hardware and sound > pilih Device Manager.  Maka akan muncul Device manager, selanjutnya anda tinggal klik “Mice and other pointing device” lalu klik kanan pada “Synaptic PS/2 Port Touchpad. Kemudian klik Update Driver Software, Jika sudah anda tinggal klik “Search automatically for update driver software” tujuanya untuk memperbarui driver pada touchpad atau mouse agar menjadi lebih baik kinerjanya. Tunggu hingga proses update selesai, kemudian restart laptop atau komputer anda.
  19. Cara mengatasinya: - Dengan cara membersihkan kipas laptop karena penyebabnya debu yg menumpuk sehingga kipas menjadi berisik sebab debu menumpuk.. - Atau bisa saja karena laptop sudah memasuki usia lansia jadi kipasnya harus diganti yg baru.. atau sekadar mengganti kipasnya  - dengan sparepart yg baru.
  20. Melakukan charge (ces) laptop dalam jangka waktu yang lama tidak akan merusak baterai laptop anda karena Laptop jaman sekarang di bagian baterai sudah dilengkapi dengan adanya sirkuit pemutus arus yang sudah otomatis mendeteksi adanya over voltage maupun kondisi pengisian yang sudah 100 persen maksimal. Hal ini berlaku untuk jenis baterai Laptop bertipe Li-ion maupun Li-Po. *Penggunaan tipe baterai NiMH dan NiCad harus sesuai apa yag di standarkan yaitu disarankan tidak terlalu lama dalam melakukan pengisian daya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar